Selasa, 11 Juni 2019

Martabak Kering, Kuliner Langka Di Gunungsitoli


Martabak bukanlah sesuatu makanan baru bagi siapapun. Hampir disemua wilayah di Indonesia tentu tahu jenis makanan yang berbahan dasar tepung tersebut. Rasa dan jenisnya disetiap daerah pun berbeda-beda.

Di Kota Gunungsitoli, sebuah jenis makanan yang diberi nama Martabak Kering akan dapat ditemui ditempat tertentu saja. Pasalnya penjualnya saat ini hanya ada di dua tempat saja. Bahkan penjual makanan tersebut tidak terlalu mencolok. Apalagi lokasi penjualan tidak pernah tampak rame.

Karena pelanggan pada umumnya, menikmati martabak kering tidak dilokasi penjualan, tapi dibawa kerumah atau tempat lain.

Martabak kering dibuat dengan bahan dasar tepung terigu, hingga menjadi sebuah adonan. 

Adonan tersebut di tuang diatas wajan dan dibuat tipis merata di pinggirannya sedangkan bagian tengah dibiarkan menggumpal. 

Lalu wajan diletakkan diatas api arang dan bagian atas juga ditutupi dengan wadah yang berisi api arang.

Setelah beberapa menit, wajan diangkat dan adonan yang diisi tadi telah matang. Lalu dikeluarkan untuk ditekuk.

Di Kota Gunungsitoli, Pedagang martabak kering yang hanya ada 2 tempat tersebut berada di Jalan Kelapa. Harga martabak kering juga sangat murah, hanya Rp. 5000 untuk 4 buah.

Untuk soal rasa, bagian yang tipis dari martabak kering terasa renyah seperti kerupuk. Sedangkan bagian tengah yang mengumpal rasanya persis seperti kue.

Kuliner langka ini sangat cocok dinikmati saat bersantai dan bercerita dengan kerabat maupun rekan lainnya.


EmoticonEmoticon