Minggu, 16 September 2018

Inilah Daftar Media Online Lokal Kepulauan Nias

Perkembangan teknologi dalam hal digitalisasi dan internet, mendorong perkembangan jurnalistik di Kepulauan Nias. Semula berita dikepulauan Nias beredar melalui media cetak yang selalu sampai ditangan pembaca dengan terlambat, karena faktor transportasi pengangkutan maupun waktu terbit yang mingguan. Kini jurnalistik di Kepulauan Nias terfasilitasi melalui penerbitan secara online. Media-media online yang bertumbuh di Kepuauan Nias memberikan pilihan beragam bagi kebutuhan setiap pembaca.

Meski ada banyak media online yang telah ada di Kepulauan Nias, masih banyak juga masyarakat pengguna internet yang belum mengetahui keberadaan media-media online tersebut. Oleh karena itu disusun daftar media online lokal yang ada di Kepulauan Nias.

Daftar media online lokal Kepulauan Nias ini disusun berdasarkan tahun terdaftarnya domain yang digunakan, datanya diperoleh melalui situs who.is. Sedangkan untuk data perangkingan digunakan alexa.com, angka rangking terkecil menunjukkan bahwa posisi situs tersebut berada paling atas dari situs yang memiliki angka rangking besar. berikut daftarnya:

Domain niassatu.com didaftarkan pada tahun 2013, media online yang banyak meliput kegiatan masyarakat nias di luar Pulau Nias tersebut, Pemimpin redaksinya adalah Etis Nehe. Alamat redaksinya berada di Graha Pejaten 33 Jalan Pejaten Raya Blok E No. 33 Pejaten, Jakarta Selatan.

niassatu.com memiliki rangking global 6,418 Juta dan pada rangking di Indonesia berada di posisi 126,5 ribu. Niassatu.com memakai slogan “Untuk Satu Nias”.

Domain wartanias.com didaftarkan pada tahun 2014, media online tersebut berbadan hukum Yayasan Multi Sakti Tunas Bangsa. Pemimpin redaksinya adalah Sati B Gea, dengan alamat redaksi berada di Jalan Pelud Binaka No. 60, Desa Siwalubanua II Kecamatan Gunungsitoli Idanoi, Kota Gunungsitoli.

Wartanias.com telah terdata di Dewan Pers sejak 5 Februari 2018 dengan status belum terverifikasi faktual dan administrasi. Rangking secara global berada di posisi 1,840 Juta dan di Indonesia berada di posisi 30,9 Ribu. wartanias.com memakai slogan “Informasi dan Inspirasi”.

Domain kabarnias.com didaftarkan pada tahun 2015, dalam situsnya alamat redaksi berada di Jalan Diponegoro 254, Kota Gunungsitoli, Sumatra Utara. Pemimpin redaksinya adalah Apolonius Lase.

Rangking global berada di posisi 3,359 Juta dan di Indonesia berada diposisi 90,3 ribu. Kabarnias.com memakai slogan “Inspirasi Ono Niha”.

 4. Niaskita.com
Domain niaskita.com telah terdaftar sejak tahun 2017, media online ini berbadan hukum PT. Anugerah Perkasa. Pemimpin redaksinya adalah Samadaya Zilliwu dengan alamat redaksi berada di Jalan Diponegoro nomor 483, Miga Gunungsitoli.

Situs media online niaskita.com masih belum mencatatkan perangkingan baik secara global maupun di Indonesia. Niaskita.com menggunakan slogan, “ Terdepan Mengabarkan”.

Domain katanias.com didaftarkan pada tahun 2017, media online ini beralamat di Jalan Kelapa No 56 Kelurahan Ilir, Kecamatan Gunungsitoli, Kota Gunungsitoli. Pemimpin redaksinya adalah Yasamoni Gulo. Katanias.com berbadan hukum PT Pelangi Utara.

Rangking global katanias.com pada posisi 5,589 Juta dan rangking di Indonesia berada di posisi 86,4 ribu. Katanias.com memakai slogan “Ragam Informasi Seputar Nias”.

6. Niastoday.com
Domain niastoday.com didaftarkan pada tahun 2017, sebelumnya media online ini menggunakan domain niastoday.co yang juga didaftarkan pada tahun 2017. Dari situs media onlinenya belum ditemukan alamat serta pimpinan redaksinya. Belum diketahui apakah ada perubahan manajemen seiring dengan perubahan penggunaan domain tersebut.

niastoday.com masih belum mencatatkan perangkingan baik secara global maupun di Indonesia. niastoday.com menggunakan slogan, “ Pengabdian Untuk Rakyat”.


Domain teropongkepni.com didaftarkan pada tahun 2017, alamat redaksi media online tersebut berada di Jalan Yos Sudarso Nomor 15 Gunungsitoli. Pemimpin redaksinya adalah Verianto Telaumbanua.

Untuk perangkingan, baik global maupun di Indonesia, teropongkepni.com masih belum tercatatkan.

Domain wartaniasselatan.com telah terdaftar pada tahun 2017 dengan badan hukum PT. Pers Warta Nias Selatan. Dalam situsnya tertulis pendiri wartaniasselatan.com adalah Simon W.W.SE. Situs tersebut secara global maupun di Indonesia masih belum tercatatkan perangkingannya. wartaniasselatan.com berslogan, “ Untuk Kemajuan Informasi Daerah”.

Domain corongnias.com didaftarkan pada tahun 2018, media online ini berada dibawah naungan badan hukum PT. Avore Mediatama Nusantara. Adapun Pemimpin redaksi corongnias.com adalah Helpianus Gea.

Untuk rangking global, corongnias.com berada di posisi 5,737 Juta dan rangking di Indonesia berada di posisi 122,3 ribu. Corongnias.com berslogan, “Informasi Aktual dan Terpercaya”.

Domain smartnewsnias.com mulai terdaftar pada tahun 2018, dalam situsnya belum termuat alamat dan pemimpin redaksinya. Demikian juga untuk perangkingan, baik global maupun di Indonesia, situs tersebut belum mencatatkan rangking.

Domain globalniasindo.com didaftarkan tahun 2018, media online tersebut beralamat di Jalan Pramuka 1 Nomor 7 Teluk dalam, Nias Selatan. Berbadan hukum PT. Globalnias Indocom dan Pemimpin redaksinya adalah Perasaan Telaumbanua.

globalniasindo.com masih belum mencatatkan perangkingan baik secara global maupun di Indonesia. globalniasindo.com menggunakan slogan, “ Berintegrasi, Akurat dan Inovatif”.

Domain teropongnias.com didaftarkan pada tahun 2018, media online ini beralamat di Jalan Karet, Komplek Remling Kelurahan Ilir, Kota Gunungsitoli dengan badan hukum PT. Pelangi Utara. Pemimpin redaksinya adalah Fesianus Ndraha.Tercatat, rangking globalnya berada di posisi 10,715 Juta, sementara rangking di Indonesia masih belum terindeks.

Itulah daftar media online lokal di Kepulauan Nias yang hingga saat ini domainnya masih aktif. Daftar ini setiap saat akan diperbaharui jika masih ada domain media online lokal di Kepulauan Nias yang lain. Khusus untuk perangkingan, sewaktu-waktu rangking tersebut akan berubah. Karena menyesuaikan dengan keadaan situs masing-masing media online. Angka-angka rangking yang tertulis didapatkan saat tulisan ini dibuat.


EmoticonEmoticon