Kamis, 02 Mei 2013

Web/Blog Domain Sendiri, Ayo Kita Buat

Awalnya sih hanya untuk mengetahui bagaimana punya web/blog dengan nama domain sendiri tanpa harus nebeng di blogspot akhirnya sekarang jadi buat-buat web/blog yang di custom ke blogspot. Kelihatan lebih professional tapi mudah menggunakannya.

Awal ceritanya sekitar satu tahun yang lalu sekitar bulan januari 2012, meskipun sebenarnya pada awalnya sudah banyak menbaca tapi masih ragu untuk praktek. Karena rasa ingin tahu yang semakin tinggi, Anjos pun sibuk baca sana sini berbagai tulisan yang dibuat pra blogger mulai dari yang gak masuk akal sampai yang masuk ke akal. Berbekal mantra dari mbah google akhirnya nyangkut ke Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi). Dan melihat harga sewa domain web.id cuma Rp.35.000 waktu itu. (Kalau sekarang sudah Rp.50.000 an). Berhubung harga domainnya murah dibanding domain internasional akhirnya menyewa domain dengan nama andijosua.web.id (gak usah dicari lagi, sewanya da habis jadi gak bakalan muncul). Hitung-hitung untuk belajar, sebab kalau gak kesampaian juga gak rugi-rugi amat.

Setelah pembelian domain berhasil, berbekal tulisan-tulisan dan ilmu yang berserakan di dunia maya. Akhirnya domain yang di sewa di coba di custom ke blogspot, pilihan ke Blogspot dikarenakan, Anjos sudah sangat mengerti tentang blogspot Setelah mengutak-atik sana-sini, berdasarkan materi bacaaan yang ada domain baru aktif 2 x 24 jam. Sehingga masih menunggu beberapa hari lagi. Sembari menunggu dengan rasa was-was apakah berhasil atau tidak. Karena tidak sabar menunggu, domain yang di sewa tadi dicoba buka dan teryata muncul dengan gagahnya di browser( langsung teriak-teriak dalam hati).

Setelah berhasil mengcustom domain web.id akhirnya mencoba menawarkan kepada Ketua Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Sibolga Kakak Nurdin.Z untuk membuat blog Pasukan Kibar Bendera (Paskibra) Barisan 45 dengan nama domain www.paskibra45.com. Beliau pun setuju, langsung saja membeli domain tersebut di salah satu penyedia layanan jual beli domain. Akhirnya domain www.paskibra45.com yang berisi seputar kegiatan Paskibra Barisan 45 ada pada bulan Januari 2012 itu juga berselang beberapa bulan kemudian tepatnya bulan maret 2012 teman Marlius Telaumbanua juga meminta di buatkan domain untuk pusat pengembangan anak dengan nama domain www.omasio.com( sekarang www.omasio.org ).

Sejak domain terakhir hingga kurang lebih satu tahun tidak pernah lagi melakukan pembelian domain ataupun custom domain. Lalu pada Februari yang lalu rekan Samsul Pasaribu meminta tolong untuk membuatkan satu domain (dot)com untuk usaha yang baru dirintisnya, yakni penjualan baju Distro dengan merek dagang Tajurangkang.

Pada saat itu juga ilmu yang pernah di dapatkan kembali di praktekkan tapi kali ini tidak seribet yang sebelumnya. Domain www.tajurangkang.com pun di sewa sebagai toko online kaos distro Tajurangkang. Nah pada saat mengerjakan domain tersebut salah seorang teman, Misterius Telaumbanua kerap memperhatikan bahwa yang Anjos kerjakan adalah toko online. Hingga suatu hari salah seorang bertanya kepada Misterius, dan menawarkan bahwa Anjos bisa buat toko online pada yang menanyakan pembuatan toko online.

Dari hasil pembicaraan pun, pemesan tersebut ingin buat toko online yang gak ribet. Setelah sepakat Anjos pun mulai kutak-katik baca mantra dan jadilah www.niasteengallery.com . usai toko online itu selesai datang lagi permintaan buat untuk Pramuka Sibolga. Gak perlu lama-lama baca mantra www.pramukasibolga.com pun jadi juga.

Melihat pekerjaan yang asik-asik aja tanpa ada permasalahan akhirnya Anjos dan salah seorang teman coba menawarkan ke salah seorang anggota DPRD untuk dibuatkan domainnya sendiri agar segala aktivitasnya bisa terliput di situ. Anggota DPRD itu pun setuju. Kemudian dibuatkan lagi deh satu domain www.fajarwaruwu.com (masih dalam pengerjaan). Tanpa perlu menunggu waktu lama salah seorang teman Marolop Panjaitan yang bekerja di perusahaan jual beli mobil merasakan penjualan lewat dunia maya memiliki prospek yang besar sebab lewat pengalamannya hanya share di Facebook dan twitter, pembeli datang dengan sendirinya. Marolop pun meminta untuk dibuatkan satu domain www.astridoindomobil.com (masih dalam pengerjaan).

Pembuatan domain tersebut juga dibarengi dengan pengelolaan tampilan dan isinya, jadi otomatis para pemesan memberikan bayaran sesuai dengan kesepakatan. Disamping itu semua domain yang di pesan pasti di custom ke blogspot tujuannya untuk mempermudah pengelolaan.

Nah pertanyaannya, kenapa Anjos sudah bisa buat domain (dot)com tetapi blognya masih nebeng di blogspot. Jawabannya Anjos masih belum berkeinginan pakai domain (dot)com. Jawaban yang sangat simple mungkin tapi begitulah keadaanya.

Jadi bagi para blogger yang masih menggunakan blogspot dan ingin mengununakan domain sendiri dapat memesan lewat saya, harga kita sepakati bersama. Tidak perlu ragu, untuk membuktikan bahwa semua alamat domain diatas saya yang buat. Dapat dilihat pada setiap sisi bawah web/blog tertulis Anjos Blog yang di link ke andijosua.blogspot.com .

Jika tertarik dapat menghubungi saya lewat: 

No.HP : 081375924125
Email: andijosua@yahoo.co.id

Berikut daftar web/blog yang sudah dikerjakan
1. www.tajurangkang.com pemilik Samsul Pasaribu and Friend

semua domain di sewa melalu www.dijaminmurah.com

Catatan, 22 Oktober 2014
Semua domain diatas telah habis masa sewanya, sehingga jika di klik tidak akan muncuk lagi

1 komentar


EmoticonEmoticon