Senin, 08 Desember 2008

Seputar Tentang Blog

Didunia maya kata Blog bukanlah hal yang aneh maupun baru. Saat ini ada ribuan bahkan lebih pemilik blog diseluruh dunia. Selain digunakan secara pribadi, Blog juga digunakan secara berkelompok.

Blog adalah singkatan dari Weblog, Orang pertama yang memperkenalkan blog adalah Jorn Barger pada tahun 1997 di bulan Desember.

Blog bisa dianggap sebagai laman web pribadi, karena bisa dijadikan sebagai catatan harian pribadi, majalah pribadi, rumah pribadi, kedai pribadi dan berbagai hal lainnya. Dalam Blog semua hal dapat dituliskan, tanpa dipengaruhi oleh ilmu-ilmu menulis. Namun harus tetap memperhatikan norma-norma yang berlaku dimasyarakat. Sebab tulisan yang dimuat akan dibaca oleh orang lain nantinya, kecuali blog dibuat hanya bisa dilihat sendiri oleh pemiliknya.

Sebagai situs pribadi, blog tentu berbeda dengan website yang menggunakan hosting. Dimana penggunanya harus memahami kode ekstensi .html .php, .asp, dll agar dapat mempublikasikan tulisan. Dalam penggunaan Blog semua kode ekstensi tersebut telah terotomatisasi. Sehingga seorang yang sangat awam sekalipun dapat menggunakan blog untuk mempublikasikan tulisannya. Itulah sebabnya pemilik Blog berasal dari berbagai kalangan, baik itu pelajar hingga peneliti

Selain sebagai situs pribadi tempat tulisan, Blog juga dapat digunakan sebagai salah satu cara Mendapatkan Penghasilan Tambahan (Uang) dari Internet. Untuk mendapatkan uang dari internet dengan Blog yang dimiliki tentu tergantung dari kualitas isi Blog. Semakin berkualitas dan dibutuhkan banyak pengunjung isi Blog, maka semakin besar kemungkinan mendapatkan uang.

Ada berbagai situs penyedia Blog gratis, namun saat ini yang cukup populer adalah Blogspot dan Wordpress. Kedua situs tersebut tentu masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangannya

Dari antara kedua situs tersebut, membuat dan mengelola blog di Blogspotlah yang paling mudah dilakukan. Adapun Cara Buat Blog Di Blogspot dapat dibaca dalam blog ini.



EmoticonEmoticon